Jelang Arus Mudik, Awak Bus Terminal Poris Plawad di Tes Urine

Redaksi

Redaksi

Jelang Arus Mudik, Awak Bus Terminal Poris Plawad di Tes Urine
Awak Bus Terminal Poris Plawad saat melakukan tes urine

Kota Tangerang, Faktual24.com – Setiap tahun masyarakat Indonesia memiliki tradisi mudik. Mudik adalah kegiatan perantau atau pekerja migran yang pulang ke kampung halamannya, kemudian kembali ke wilayah perantauannya.

Tradisi itu, biasanya dilakukan menjelang hari raya besar keagamaan. Misalnya seperti saat ini menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Pada kesempatan arus mudik kali ini, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangerang menggelar tes urine kepada awak bus di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten.

Ketua Tim Bidang Pencegahan dan pemberdayaan masyarakat, Muhammad Farhan menjelaskan kegiatan deteksi dini tes urine dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pemudik.

“Agar pemudik aman dan nyaman para awak bus sudah kita deteksi dan terbebas dari penyalahgunaan narkotika,” kata Farhan di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Banten, Kamis, (4/4/2024).

Dalam kegiatan itu, lanjut Farhan, pihaknya hanya akan mengambil 50 sampel para awak bus Terminal Poris Plawad.

“Jadi, kita hanya ambil sampel, dilakukan hari ini saja,” ucapnya.

“Jika ada hasil yang positif, kita tidak izinkan untuk berangkat, kita minta pergantian supir. Dan yang positif, kita rehabilitasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Sopir Bus Gunung Harta, Hajiyato (50) mengatakan kegiatan tes urin memang rutin dilakukan menjelang arus mudik.

“Hasilnya negatif, kita buka pemakai, aman aja, kalau ada tes kayak gini, ya, lolos saja,” ujar Hajiyato usai melakukan tes urine. (Red)