471 Mahasiswa USB Kenali Tradisi dan Budaya Lokal Banten

Redaksi

Redaksi

471 Mahasiswa USB Kenali Tradisi dan Budaya Lokal Banten
471 Mahasiswa Universitas Setia Budhi Rangkasbitung saat menggelar kegiatan Kapita Selekta Kebantenan di Desa Cibarengkok, Kecamatan Panggarangan, Rangkasbitung, Banten.

Lebak, Faktual24.com – Sebanyak 471 Mahasiswa Universitas Setia Budhi (USB) Rangkasbitung mengikuti kegiatan Kapita Selekta Kebantenan (KSB) dengan tema ‘Kenali Tradisi – Lestarikan Budaya’.

Dalam laporan Ketua Pelaksana Musail Waedurat menyampaikan kegiatan dilakukan setiap tahun, belangsung selama tiga hari, yang diikuti setiap Mahasiswa USB di semester enam.

Sesuai temannya, Musail menjelaskan kegiatan tersebut bertujuan menggali tadisi dan budaya lokal, yang dalam kesempatan ini dilakukan di Desa Cibarengkok.

“Ini kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh USB pada mata kuliah KSB,” kata Musail, di Desa Cibarengkok, Kecamatan Panggarangan, Rangkasbitung, Banten, Sabtu (6/7/2024).

“Kegiatan ini juga pertama kali yang melibatkan seluruh mahasiswa semester 6, sehingga dalam pengelolaan ini banyak tantangan bagi kami sebagai panitia,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Dosen USB Bidang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tofik Suharto mengungkapkan KSB ini dikuti seluruh Mahasiswa USB mulai dari tingkat cabang hingga pusat.

“Tahun ini merupakan peserta terbanyak semenjak adanya kegiatan KSB di kampus kami ini,” ujar Tofik, yang hadir dalam kegiatan mahasiswanya itu.

Sementara itu, Kepala Desa Cibarengkok, Ika Sukandi mengucapkan rasa syukurnya sebab desa yang dipimpinnya dipilih sebagai lokasi penelitian.

Terlebih lagi, tambah Ika, menjadi motivasi warganya untuk terus melestarikan kebudayaan yang ada di Desa Cibarengkok.

“Alhaldulillah. Adat kami bisa dikenal banyak orang, sehingga ini tidak punah di telan zaman,” tandas Ika, yang mendukung kegiatan mahasiswa USB. (Asep)